Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seni Rupa Kelas VI SD: Mengenal Unsur dan Prinsip Seni Rupa pada Objek di Sekitar Kita

Pembelajaran seni rupa bertujuan menjadi wahana yang menyenangkan bagi siswa untuk mengalami bagaimana kreativitas dapat membantu meningkatkan kualitas hidupnya. Pada Unit Mengenal Unsur dan Prinsip Seni Rupa pada Ibjek di Sekitar Kita ini memiliki tujuan pembelajaran, antara lain:

  1. Siswa mampu membandingkan penggunaan warna, tekstur, dan gelap terang pada objek di lingkungannya dengan benar.
  2. Siswa mampu menunjukkan profil pelajar Pancasila ketika menyusun warna, tekstur, dan gelap terang dalam ritme atau pola yang ditentukan.
  3. Siswa mampu memodifikasi warna, tekstur, dan gelap terang berdasarkan objek yang ada di lingkungan sekitar dengan benar.

Teman-teman, pernahkah Kalian memperhatikan benda-benda di sekitarmu? Mulai dari buku, pensil, hingga bangunan tinggi. Tahukah Kalian bahwa semua benda itu memiliki unsur-unsur seni rupa yang membuatnya terlihat menarik dan unik? Nah, pada pelajaran kali ini kita akan belajar tentang unsur dan prinsip seni rupa yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Unsur-Unsur Seni Rupa

Unsur seni rupa adalah bagian-bagian dasar yang membentuk sebuah karya seni. Mari kita pelajari satu per satu!

  1. Titik:

    • Titik adalah unsur paling dasar dalam seni rupa.
    • Contoh: Titik-titik pada gambar komik untuk menunjukkan efek suara.
    • Gambar: 

  2. Garis:

    • Garis terbentuk dari rangkaian titik-titik.
    • Garis bisa lurus, lengkung, tebal, tipis, atau putus-putus.
    • Contoh: Garis pada gambar rumah untuk menunjukkan atap, dinding, dan jendela.
    • Gambar: 

  3. Bidang:

    • Bidang terbentuk dari pertemuan beberapa garis.
    • Bidang bisa berupa bentuk geometris (persegi, lingkaran) atau bentuk bebas.
    • Contoh: Bidang pada lukisan wajah untuk menunjukkan mata, hidung, dan mulut.
    • Gambar: 

  4. Bentuk:

    • Bentuk adalah kesan tiga dimensi dari suatu bidang.
    • Bentuk bisa berupa bentuk alami (buah, hewan) atau bentuk buatan (mobil, rumah).
    • Contoh: Bentuk pada patung hewan.
    • Gambar: 

  5. Ruang:

    • Ruang adalah kesan kedalaman dalam suatu karya seni.
    • Ruang bisa dibuat dengan teknik perspektif atau gradasi warna.
    • Contoh: Ruang pada lukisan pemandangan.
    • Gambar: 

  6. Warna:

    • Warna memberikan keindahan dan kesan tertentu pada suatu karya seni.
    • Warna memiliki sifat primer, sekunder, dan tersier.
    • Contoh: Warna pada pelangi.
    • Gambar: 

  7. Tekstur:

    • Tekstur adalah kesan kasar atau halus pada permukaan suatu benda.
    • Tekstur bisa dilihat atau diraba.
    • Contoh: Tekstur pada kulit jeruk atau batu bata.
    • Gambar: 


  8. Nilai/Gelap Terang:

    • Nilai atau gelap terang menunjukkan perbedaan tingkat cahaya pada suatu objek.
    • Nilai penting untuk menciptakan kesan volume dan kedalaman.
    • Contoh: Nilai pada foto hitam putih.
    • Gambar: 


Prinsip-Prinsip Seni Rupa

Prinsip seni rupa adalah aturan yang digunakan untuk menggabungkan unsur-unsur seni rupa menjadi sebuah karya yang harmonis.

  1. Irama/Ritme: Pengulangan unsur-unsur secara teratur. 


    Coba Kalian perhatikan bagaimana 1 unsur maupun 2 unsur di atas, ditata secara berulang-ulang dengan arah tertentu (lihat anak panah)

  2. Harmoni: Keserasian antara unsur-unsur.
  3. Kontras: Perbedaan yang mencolok antara unsur-unsur.
  4. Pola/Dominasi: Unsur yang paling menonjol. 
  5. Proporsi: Perbandingan ukuran antara bagian-bagian.
  6. Kesatuan: Keseluruhan bagian membentuk satu kesatuan yang utuh.
  7. Bergerak: Kesan gerakan pada suatu karya seni.

Kalian dapat menambah pemahaman pada bahan bacaan berikut ini: 

Prinsip dan Dasar Seni Rupa


Semangat belajar...


Posting Komentar untuk "Seni Rupa Kelas VI SD: Mengenal Unsur dan Prinsip Seni Rupa pada Objek di Sekitar Kita"